Senin, 19 Oktober 2020

Sejarah Mulainya Jaringan Komputer


                             

`Sejarah jaringan computer (Computer Network) dimulai dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang dibuat oleh proyek untuk pengembangan komputer di laboratorium Bell dan group riset dari Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada awalnya penemuan tersebut digunakan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer untuk keperluan bersama. Idenya adalah untuk mengerjakan beberapa tugas tanpa membuang waktu kosong yang terlalu banyak, maka dibuatlah proses beruntun, sehingga  program bisa dijalankan dalam beberapa komputer.

Kemudian pada tahun 1950-an ketika komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Sumber(https://binus.ac.id/bandung/2019/11/sejarah-mulainya-jaringan-komputer/) Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer#:~:text=Sejarah%20jaringan%20komputer%20bermula%20dari,yang%20dipimpin%20profesor%20Howard%20Aiken.&text=Program%20riset%20ini%20dikenal%20dengan%20nama%20ARPANET.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  10 Jenis Kode Dan Kryptograpi Berikut adalah 10 cara umum teknik pengkodean yang dipakai:    1. Steganografi                      ...