Senin, 19 Oktober 2020

Fungsi Komputer

 Fungsi Utama yang Dimiliki Komputer

         Setiap orang kalau ditanya tentang fungsi komputer, jawabannya berbeda-beda. Mulai dari sebagai alat untuk mengolah data, alat untuk mempermudah pekerjaan, alat untuk berkomunikasi, hingga alat yang digunakan untuk hiburan. Jawaban yang berbeda-beda tersebut tentunya bukanlah jawaban yang asal-asalan atau ngawur. Hal ini wajar karena setiap orang menggunakan komputer berdasarkan kebutuhannya masing-masing. Namun tetap penting untuk mengetahui fungsi utama dari komputer sebenarnya itu apa.

Komputer mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:

1. Input

Fungsi utama pertama yang dimiliki komputer adalah input, yaitu untuk menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling gampang dari fungsi ini adalah data atau informasi yang diperoleh dari ketikkan keyboard dan klik mouse. Komputer juga bisa menerima data atau informasi dari peralatan lain atau dari komputer lain.

2. Processing

Fungsi utama kedua yang dimiliki komputer adalah melakukan pemrosesan. Bahan yang diproses adalah data atau informasi yang diperoleh dari perangkat input tadi. Awalnya data tersebut akan tersimpan pada memori internal, kemudian diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah informasi baru, yang pada akhirnya akan dikirimkan ke perangkat output untuk ditampilkan.

3. Output

Fungsi utama ketiga yang dimiliki komputer adalah output, yaitu untuk  menampilkan hasil dari sebuah proses data atau informasi dalam bentuk teks, gambar, maupun audio kepada pengguna atau perangkat lainnya berdasarkan kebutuhan masing-masing. Contoh perangkat output yang sering dijumpai adalah monitor, printer, dan speaker.

4. Storage

Fungsi utama terakhir yang dimiliki komputer adalah media atau tempat untuk menyimpan serangkaian data atau informasi. Penyimpanan dialokasikan berdasarkan bagaimana informasi akan dipakai, ada yang disimpan dalam memori utama dan ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi.
Sumber https://calon-amd.blogspot.com/2019/07/fungsi-dan-manfaat-komputer.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  10 Jenis Kode Dan Kryptograpi Berikut adalah 10 cara umum teknik pengkodean yang dipakai:    1. Steganografi                      ...